.....Please Follow Me.....

Friday, August 10, 2012

#5 Blue Delfts KLM BOLS no.88 Amsterdam 1575







TERJUAL/SOLD
botol masih bersegel & berisi

Note :
  • KLM (lengkapnya: Koninklijke Luchtvaart Maatschappij, secara harafiah berarti Perusahaan Dirgantara Kerajaan) adalah sebuah maskapai penerbangan dari Belanda. KLM adalah maskapai utama Belanda dan beroperasi dari Bandara Schiphol, dekat Amsterdam. KLM didirikan pada 7 Oktober 1919, sehingga merupakan perusahaan penerbangan tertua yang masih tetap menggunakan nama yang sama. Penerbangan pertamanya berlangsung pada 17 Mei 1920, dengan penerbangan dari London ke Amsterdam yang membawa dua wartawan Inggris dan beberapa surat kabar. Penerbangan berjadwal dimulai tahun 1921. Penerbangan antarbenua pertamanya adalah dari Amsterdam ke Batavia, Hindia Belanda (sekarang Jakarta, Indonesia) tahun 1929. Penerbangan transatlantik dimulai dari Amsterdam ke Curacao tahun 1934.
  • ASAL NAMA GARUDA INDONESIA
    Pada 25 Desember 1949, wakil dari KLM yang juga teman Presiden Soekarno, Dr. Konijnenburg, menghadap dan melapor kepada Presiden di Yogyakarta bahwa KLM Interinsulair akan diserahkan kepada pemerintah sesuai dengan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) dan meminta kepada beliau memberi nama bagi perusahaan tersebut karena pesawat yang akan membawanya dari Yogyakarta ke Jakarta nanti akan dicat sesuai nama itu.
    Menanggapi hal tersebut, Presiden Soekarno menjawab dengan mengutip satu baris dari sebuah sajak bahasa Belanda gubahan pujangga terkenal, Noto Soeroto di zaman kolonial, Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden (“Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi diatas kepulauanmu”)
    Maka pada 28 Desember 1949, terjadi penerbangan yang bersejarah yaitu pesawat DC-3 dengan registrasi PK-DPD milik KLM Interinsulair terbang membawa Presiden Soekarno dari Yogyakarta ke Kemayoran – Jakarta untuk pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan logo baru, Garuda Indonesian Airways, nama yang diberikan Presiden Soekarno kepada perusahaan penerbangan pertama ini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...